Wednesday, February 02, 2011
1st Birthday Cake - No Gulgar







Sebagai ibu seorang bayi yang mencoba hidup sehat, aku juga menerapkan aturan no gulgar (gula dan garam) sampai Michael berumur 1 tahun. Bahkan setelah lewat 1 tahun, pemberian garam pun sangat dibatasi, gula begitu juga.
Hasilnya, Michael doyan segala macam makanan, sayuran dan buah juga. Plus lebih sehat tentunya, karena garam membebani ginjal mungilnya, sedangkan gula tidak ada kegunaan nya (kecuali gula alami dari buah).

Jadi waktu ada seseorang yang bertanya bisakan membuat special cake untuk ulang tahun pertama ? No gula, garam, pengawet, MSG begitu requestnya. Jawaban nya sudah pasti : BISAAAA....
Pengawet dan MSG, sudah pasti tidak pakai. All fresh here.
Garam, tentu tidak pakai.
Gula..? nah ini yang berat..
karena pakemnya kue tentu perlu gula untuk mengembangkan nya. Beberapa kali coba healthy cake, seperti cake wortel, cake labu, cake ubi...duh aku kurang cocok dengan taste nya.
Selalu berkesan berat, seret, bikin cepat kenyang. One piece is more than enough hahaha..
Beda banget dengan style cake kesukaanku yang lembut, ringan, moist, spongy.

Akhirnya eksperimen membuat cake tanpa gula berhasil.
Komponen gula aku ganti dengan Jus Apel. Decor cake, pilihan nya hanya Whip Cream yang bertekstur seperti ice cream, atau ganache coklat. (dengan catatan anaknya tidak alergi coklat ya).

Dari mulut ke mulut, via member milis mpasirumahan (dimana aku juga membernya), lama lama cukup sering juga aku menerima pesanan cake special ini, dengan respon yang cukup memuaskan.

Ini sebagian fotonya, beserta testimoni pemesan.

mbak Vita...
makasih kuenya yah..
Aldo mknnya byk bgt ampe double slices..
n aki-nini opa-oma nya pd heran bisa ada kue yg gak pake gula tp tetap enak.. hehehe..
( Marlene Rael)

Mbak Vita, kuenya enak sekaliii! kuenya lembut banget, suamiku bilang ini kue terlembut yang pernah dia makan. Cream nya juga pas manisnya. Gayle doyan, dia mau makan beberapa slice.
(Mama Gayle)

Cake nya enak dan dekornya bagus, temen temen aku bilang enak. Good job mbak. (Ryana)

Ahh, jadi pede sekarang jualan cake tanpa gula. Tadinya agak ragu ragu, aduh kalau cake tanpa gula apa enak ya..
Kelemahan nya cake special ini, karena decornya hanya bisa dengan Whip Cream, penyimpanan nya selalu harus di kulkas. Decornya juga tidak bisa warna warni terlalu meriah seperti cake umumnya.
Bandingkan dengan 1st year cake normal yang meriah ini :

(pooh theme birthday)

(Mickey Mouse theme Birthday Cake)

2 Comments:

At 4:30 PM, Blogger Homedelicacies said...

Mbak Vita, aku tertarik dengan cake no gulgar ini..secara emang betul, udah bbrp kali nyoba bikin cake sehat, gak enakkk semua. Bahkan carrot cake yg pada bilang enak kok buatku nggak enak ya..Anakku suka sekali kue. Jadi kepingin bikin cake sehat yg no gulgar, tanpa bahan2 kimia, termasuk emulsifier/baking soda. Boleh share resepnya nggak mbak ? Thank youuu.. :)

 
At 9:26 PM, Blogger handini tarman said...

Mba gimana caranya kalau mau pesan. Kontak kemana?

 

Post a Comment

<< Home

happy 3th birthday